MATERI INFORMATIKA SMA KELAS XI KURIKULUM MERDEKA

Tentang Informatika

Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari bab ini, kalian diharapkan mampu memahami gambaran umum mengenai hal apa saja yang akan dipelajari pada mata pelajaran Informatika Kelas XI sebagai mata pelajaran pilihan.

Pertanyaan Pemantik

  1. Mengapa kalian memilih Informaitka sebagai mata pelajaran pilihan di kelas XI ini? 
  2. Apakah kalian benar-benar memahami konsekuensi (materi pelajaran, kelanjutan studi, karir, dan sebagainya) yang akan dihadapi ke depannya jika memilih mata pelajaran ini?

Tentang Informatika

Di era industri 4.0 dan masyarakat 5.0, Informatika merupakan salah satu disiplin ilmu yang wajib dikuasai oleh setiap orang, dan aspek praktisnya sudah diperlukan sejak usia dini.

Informatika tidak berarti harus selamanya di depan komputer.
Informatika adalah sebuah disiplin ilmu yang mencari pemahaman dan mengeksplorasi dunia di sekitar kita, baik natural (dunia dan alam sekitar kita) maupun artifisial (dunia maya atau dunia digital yang diciptakan manusia).

Informatika juga berkaitan dengan studi, pengembangan, dan implementasi dari sistem komputer, serta pemahaman terhadap prinsip-prinsip dasar pengembangan yang didasari pada pemahaman dunia nyata dan dunia artifisial tersebut.

Ilmu informatika tidak eksklusif, tetapi banyak bersinggungan dengan bidang ilmu lain karena luasnya kemungkinan eksplorasi masalah yang akan dipecahkan.

Kurikulum Informatika terdiri atas 8 elemen, yaitu Berpikir Komputasional (BK), Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Sistem Komputer (SK), Jaringan Komputer dan Internet (JKI), Analisis Data (AD), Algoritma dan Pemrograman (AP), Dampak Sosial Informatika (DSI), dan Praktik Lintas Bidang (PLB), seperti digambarkan dalam ”rumah” Informatika sebagai berikut.

Tentang Informatika

Kedelapan elemen tersebut erat kaitannya satu sama lain. Harapannya, peserta didik dapat memperdalam dan memperluas konsep serta menambah keterampilan yang telah dijalani.

Selain berakar ke ilmu formal, Informatika juga berakar ke engineering. Informatika hakekatnya mengemas STE(A)M: Science (Sains), Technology (Teknologi), Engineering (Teknik), Art (Seni) and Math (Matematika). STEAM itu erat kaitannya satu sama lain.

Membuat sebuah aplikasi adalah menciptakan artefak komputasional, baik itu hanya perangkat lunak, atau merupakan gabungan perangkat keras dan perangkat lunak (sebuah sistem komputer).

Membangun sebuah artefak komputasional untuk bidang tertentu misalnya pertanian juga perlu memperhatikan sains yang terkait pertanian (biologi, ilmu tanah atau media tanamannya) selain sains informatika.

Teknologi (perangkat TIK dan perangkat lainnya) dan engineering (proses menganalisis dan merancang) dibutuhkan baik untuk mengembangkan produk, maupun untuk memakai produk.

Art atau aspek seni dibutuhkan bukan hanya untuk produk digital kreatif, tetapi bagaimana merancang produk yang nyaman dipakai serta indah dipandang.

Matematika konon disebut: “Queen of Science” yang mendasari semua model komputasi dari produk komputasional apapun.

Lalu apa hubungannya dengan Informatika Kelas XI? Pembelajaran Informatika Kelas XI tidak lagi diorganisasi per elemen, tetapi dikemas sesuai dengan elemen yang dicakup.

Berpikir komputasional yang erat hubungannya dengan pemrograman akan dikemas menjadi bab-bab sebagai berikut:

Bab 2, Strategi Algoritmik dan Pemrograman, terdiri atas serangkaian aktivitas-aktivitas berkesinambungan yang merekatkan Berpikir Komputasional, Algoritma Pemrograman, Analisis Data, dan Praktik Lintas Bidang.

Bab 3, intinya adalah Dampak Sosial Informatika, yang akan dipakai sebagai wahana membentuk berpikir kritis yang lebih tajam terhadap sebuah kasus sosial yang timbul akibat penerapan teknologi, khususnya teknologi informasi.

Bab 4, tentang Jaringan Komputer dan Internet diperdalam konsepnya, namun tidak harus dipraktikkan karena aspek praktis jaringan komputer merupakan ranah pendidikan vokasional.

Bab 5, Praktik Lintas Bidang dirancang untuk pengembangan aplikasi mobile yang dijalankan dengan smartphone atau gawai, dan berbasis Artificial Intelligence (AI) atau Kecerdasan Artifisial yang merupakan keniscayaan di zaman ini.

Bab 6, merupakan sebuah proyek Analisis Data tentang sebuah isu yang merupakan salah satu isu internasional saat ini.

Ayo Renungkan

Setelah melakukan dua aktivitas sebelumnya mengenai materi Informatika yang akan dipelajari pada Kelas XI, tentu kalian sudah memahami tujuan dan harapan di akhir pembelajaran Informatika pada jenjang ini. Untuk selanjutnya cobalah deskripsikan rencana belajar dan hal yang ingin kalian capai selama menempuh Mata Pelajaran Informatika di Kelas XI yang telah kalian pilih dengan tanggung jawab serta kesadaran penuh.






[ Lazy adsense Script with auto ads ]